Teh Minuman Kesehatan

Siapa orang yang tidak tahu dan tidak kenal dengan teh. Semua orang pasti tahu dan tak asing lagi dengan jenis minuman yang satu ini. Dari anak-anak sampai orang tua pasti sering atau bahkan rutin meminum minuman yang satu ini. Selain kopi, teh memang nikmat jika diminum di pagi atau sore hari. Tapi berbeda dengan kopi. Teh adalah jenis minuman yang tidak mengandung kafein yang tinggi seperti kopi. Sejak dahulu kebanyakan orang sudah rutin meminum teh. Minimal dua kali dalam sehari. Dan ternyata teh ini sangat menyehatkan bagi tubuh kita.



Menurut guru besar pangan dan gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Ir Ali Khomsan, the, terutama teh hitam mempunyai tiga manfaat sekaligus atau 3 in 1 yaitu mengandung air, membawa antioksidan cathecin, dan menghasilkan theaflavin yang bisa meningkatkan produksi antioksidan didalam tubuh.

Menurut beliau, saat ini banyak iklan yang gencar mempromosikan air mineral sebagai air kesehatan. Hal ini berakibat citra teh sebagai minuman kesehatan menjadi sedikit turun atau memudar. Padahal, masih menurut beliau, kalau kita meminum air mineral, artinya tubuh kita hanya akan mendapatkan air saja. Berbeda jika kita meminum teh hitam. Jika kita meminum teh hitam, tubuh kita akan mendapatkan 3 hal sekaligus yaitu air, cathecin, dan theaflavin.

Dan ternyata antioksidan yang ada di dalam teh hitam ini dapat menghambat proses oksidasi kolesterol. Dengan kata lain, zat antioksidan yang terkandung dalam teh hitam tersebut akan membuat kolesterol batal menumpuk dalam pembuluh darah. Sebaliknya, bila kolesterol menumpuk dalam pembuluh darah, terutama pembuluh darah jantung, maka sudah jelas akibat yang dapat ditimbulkannya. Penyakit jantung koroner dan stroke semakin meninggi.

Saat ini diperkirakan produksi daun teh kering diseluruh dunia mencapai 2,5 juta metrik ton, dan sekitar 78% diantaranya berupa teh hitam. Sementara teh hijau 20% dan 2% teh oolong. Dengan perhitungan semacam ini saja kita dapat menyimpulkan betapa banyak orang di dunia ini yang rutin meminum teh. Menurut Prof Dr Ir Ali Khomsan, dengan meminum teh satu atau dua cangkir sehari, menekan peluang terkena penyakit jantung koroner dan stroke hingga 40%.

Dengan manfaat teh yang begitu baik untuk kesehatan tubuh kita, tidak ada salahnya mulai dari sekarang biasakan meminum teh minimal satu atau dua kali dalam sehari. Yuk minum teh.....


Sumber : kapanlagi.com

0 comments:

Post a Comment