Mempercepat Pemanggilan Windows Explorer

Pernahkah saat membuka Windows Explorer, Anda harus menunggu waktu yang cukup lama saat membukanya. Hal seperti ini pasti sangat mengganggu pekerjaan atau aktifitas Anda saat ber’komputer’ ria. Kejadian semacam ini juga sangat tidak nyaman saat kita sedang sangat terburu-buru membuka suatu file. Jika Windows Explorer membutuhkan waktu yang cukup lama saat dibuka, pasti akan sangat menghambat pekerjaan. Karena Windows Explorer merupakan salah satu sarana yang memudahkan kita untuk meng’explore’ fil-file yang ada di dalam kumputer. Mengapa bisa terjadi seperti itu??



Hal ini kemungkinan terjadi karena saat Anda membuka folder atau menjalankan Windows Explorer, system di Windows akan otomatis melakukan pencarian folder dan printer yang ada dalam jaringan yang mungkin Anda akses. Hal ini jelas sangat memakan waktu dan akan sangat mengganggu pekerjaan Anda. Padahal sebenarnya Anda tidak perlu atau tidak butuh untuk mengakses tempat-tempat tersebut. Bagaimana cara mengatasinya??

Untuk mengatasi hal ini cukuplah mudah. Intinya adalah Anda harus mengatur Windows agar tidak perlu melakukan pencarian kecuali Anda yang meminta untuk melakukan pencarian itu. Bagaimana cara mengaturnya, beginilah caranya:


  • Buka My Computer.

  • Klik menu Tools.

  • Pilih Folder Options.

  • Klik tab View.

  • Hilangkan tanda cek di Automatically search for network folders and printers.

  • Klik OK.


Nah..mudah sekali kan?? Kadang hal-hal kecil seperti ini terlewatkan dari pantauan kita. Maka setelah mengubah setting Windows tadi dan telah melakukan restart, seharusnya saat Anda melakukan browse file dan folder akan lebih cepat daripada sebelumnya. Selamat mencoba...


0 comments:

Post a Comment