Tajamkan Daya Ingat Dengan Tidur

Begadang sepertinya sudah akrab dan menjadi suatu gaya hidup dalam masyarakat kita. Bahkan hal ini sudah merupakan hal yang biasa. Banyak sekali orang beralasan mengapa mereka begadang. Alasannya mungkin karena banyak pekerjaan yang menumpuk dan harus selesai di keesokan harinya. Atau belajar dengan sistem kebut semalam, karena besok pagi ada ujian atau ulangan umum. Atau begadang karena ingin menonton pertandingan sepakbola yang sayang untuk dilewatkan. Bahkan ada juga yang sengaja begadang hanya untuk sekedar kumpul-kumpul bersama teman-teman, dugem, dll. Tahukah Anda jika tidur yang cukup itu ternyata dapat mempertajam daya ingat kita.



Para peneliti dari Univesitas Genewa di Swiss yang dikepalai oleh Dr. Sophie Schwartz telah melakukan beberapa penelitian yang melibatkan sekelompok sukarelawan mengenai hubungan yang dapat ditimbulkan antara tidur malam yang cukup dengan ketajaman daya ingat. Para peneliti ini menunjukkan hasil penelitiannya dalam Konferensi Masyarakat Federasi Neuroscience Eropa.

Pada penelitian ini, para sukarelawan diminta untuk mengingat gambar yang ditunjukan oleh sang peneliti. Mereka juga diminta untuk menghubungkan titik-titik yang bergerak di layar monitor menggunakan joystick. Setelah itu, sebagian dari mereka diperbolehkan tidur malam. Dan sebagian yang lain hanya diperbolehkan tidur siang.

Pada keesokan harinya, seluruh sukarelawan diminta lagi untuk menghubungkan titik-titik dan menyebutkan gambar. Sementara itu, otak mereka dipasang sejenis alat untuk memantau kerja otak para sukarelawan. Hasilnya pun sudah jelas terlihat bahwa, sukarelawan yang tidur di malam hari mempunyai daya ingat yang lebih baik daripada mereka yang kurang tidur.

Memang, hal ini masih perlu dilakukan penelitian yang lebih lanjut lagi. Dari penelitian ini, Dr. Sophie Schwartz menyimpulkan bahwa tidur malam yang cukup dapat memperkuat hubungan antar sel syaraf di otak yang mempunyai peran penting dalam proses belajar dan mengingat.

Tak salah memang, dahulu saat masih sekolah sering disarankan untuk belajar atau mengulang lagi apa yang kita pelajari tadi malam di keesokan hari. Setelah solat subuh misalnya. Ternyata saat bangun tidur itu otak kita masih fresh untuk menerima apa yang akan diingat.

Wah....kalo begitu, kita kudu dan harus tidur lebih awal dan meninggalkan kebiasaan begadang supaya tidak cepet pikun...!!!?? Apa mau jadi pikun??? hehehe...


0 comments:

Post a Comment