Babaskan Memori Dari Sisa Program Yang Sudah Ditutup

Terkadang dalam mengoperasikan computer, kita membuka begitu banyak program yang cukup memakan memori komputer. Kerja komputer menjadi lambat atau berat. Tahukah Anda, ketika Anda menutup suatu program dalam komputer, Windows seringkali tetap membiarkan sebagian proses dari program itu tetap ada di memori walau sebenarnya program itu sudah tidak dipakai lagi. Hal ini berupa masih adanya file dynamic link libraries (DLL). File ini biasanya akan ikut terpanggil ketika program itu dijalankan. Dalam hal ini Windows sengaja membiarkanya tetap berada dalam memori karena memnggapnya masih dipakai oleh program lain yang masih dijalankan. Hal ini jelas akan membuat kerja komputer banyak memakan memori dan terkadang dapat menimbulkan masalah lain. Bagaimana memecahkan masalah ini???



Untuk mengatasi hal ini, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengn mengubah Registry Windows. Dengan mengubah melalui Registry inilah akan mencegah Windows tetap membiarkan file DLL yang tidak terpakai lagi memakan kerja memori komputer. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke Start – Run kemudian ketik Regedit lalu tekan enter.

  • Masuk dalam key: “HKEY_LOCAL_MACHINE / SOFTWARE / Microsoft / Windows/ CurrentVersion”

  • Pada CurrentVersion klik kanan, pilih New – Key. Kemudian beri nama dengan “AlwaysUnloadDLL”. Tekan enter.

  • Pada bagian kanan, double-click kata Default.

  • Untuk Value Data, isikan dengan angka 1, kemudian tekan OK.

  • Tutup Regedit.


Mungkin hal ini tidak begitu terlihat dengan jelas perubahannya. Tapi dengan trik ini memungkinkan kerja memori komputer kita menjadi lebih ringan. Mudah-mudahan trik ini bermanfaat.


Sumber : kapanlagi.com

0 comments:

Post a Comment