Membuat Kotak Komentar Model Baru

Yuk….udah bulan februari dan saatnya berjuang untuk membuat postingan yang lebih bermutu dan lebih berkembang dari pada yang kemaren-kemaren. Untuk kesempatan kali ini aku akan mencoba untuk membuat sedikit tutorial buat temen-temen semua. (ceileh…gaya tenan iki). Dan apakah yang akah saya share ke temen-temen semua??? Taraaaa….aku ingin berbagi dan sedikit memberi informasi tentang membuat kotak komentar di bawah posting dengan model yang lain. Setelah bergoogling ria akhirnya aku nyasar deh ke website nya Kang Noval. Terima kasih kang sudah bagi-bagi infonya. Nah…seperti gambar disamping itu model kotak komentarnya. Pengen bikin kayak gitu juga?? Yuk kita mulai cara membuatnya. Siapkan alat-alat dan bahannya. (weleh..emang mo masak mas…)



Sebelumnya aku akan menyarankan buat temen-temen yang sudah banyak komentar di blognya agar tidak atau jangan memakai kotak komentar ini. (lha??? Emang kenapa???) bukan apa-apa, tapi ini untuk mengantisipasi aja. Masalahnya adalah kalo temen-temen mengganti kotak komentar dengan model ini akan mengakibatkan komentar-komentar yang ada sebelumnya akan ter”hide”. Bukan terhapus atau hilang lho ya. Tapi Cuma tidak ditampilkan aja. Ah…banyak basa basi nih. Sekarang bener-bener mulai kok. Langkahnya seperti ini…


  1. Buka http://www.intensedebate.com/ dan lakukan SignUp atau pendaftaran dengan memasukkan username, email dan password.



  2. Kalo sudah SignUp, kemudian masukkan URL blog atau Web temen-temen. Klik Ncxt

  3. Setelah memasukkan URL dan mengklik next maka akan muncul halaman seperti gambar di bawah ini. Kemudian isi option-option yang ada disebelah kiri berwarna hijau.


  4. Langkah selanjutnya adalah temen-temen harus login ke blogger. Atau klik aja gambar seperti gambar di bawah ini:


  5. Setelah masuk blogger klik menu layout dan masuk ke tab edit html. Kemudian download full template dan simpan di harddisk temen-temen.

  6. Setelah proses download selesai, selanjutnya adalah upload lagi template tadi melalui bagian seperti gambar dibawah ini. Lalu klik upload file.


  7. Setelah proses upload selesai, selanjutnya adalah temen-temen perhatikan dibagian kiri berwarna hijau, copy aja code templatenya.


  8. Nah…ini langkah terakhir, temen-temen kembalilah ke blog temen-temen tadi kemudian centang expanwidgetnya, hapus seluruh kodenya (ga usah khawatir, tar templatenya tetap sama kok), dan pastelah kode yang sudah di copy tadi (langkag no 7)

  9. Kemudian klik save tamplate dan lihat hasilnya. Taraaaaaaaa……



Hufh..akhirnya selesai juga ngejelasinnya. Semoga info ini bermanfaat dan temen-temen paham dengan penjelasanku. Hehehe… tapi kalo temen-temen tidak suka dan tetep ingin memakai bawaan dari blogspot juga tidak apa-apa. Silahkan…monggo-monggo saja…

PENTING!!!!
Kotak komentar ini hanya untuk blog yang belum ada komentarnya saja. Jadi kalau dipaksakan maka komentar-komentar yang sudah ada tidak akan tampil atau ter-“hide”. Tapi kalau memang Anda paksakan ya tidak masalah. Itu hak Anda. Dan kotak komentar semacam ini bisa dipakai untuk semuanya, tidak sebatas hanya blogspot.


0 comments:

Post a Comment