Sang Tamu Istimewa Akan Segera Tiba

Wah…ga krasa ya dah 2 hari lagi kita kedatangan tamu istimewa. Tamu yang special. Cuma setahun skali yang datang. Yang menyambut pun adalah kaum muslim di seluruh dunia. Waw…begitu istimewakah tamu itu??? Ya jelas dong. Datangnya aja cm setahun skali. Yang nyambut sak gambreng gitu. Namun dari penyambut yg banyak itu ga semuanya bersuka cita akan datangnya tamu itu. Malah ada yang berpikiran…”kenapa sih kok dah dateng???kok cepet bgt ya??” Walah2…padahal tuh kita seharusnya seneng kedatengan tamu. Lha ini kok malah sedih, ga mau tau. Hufh….gmn sih. Emm…temen2 tau ga tamu istimewa itu???



Tamu istimewa kita adalah bulan ramadhan. Ya…sebentar lagi hanya dalam hitungan hari kita akan bertemu dgn bulan suci penuh rahmat itu. Rasulallah SAW suatu hari di akhir bulan Sya'ban bersabda:

"Wahai semua manusia, telah datang kepadamu bulan yang agung, penuh keberkahan, didalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Diwajibkan padanya puasa dan dianjurkan untuk menghidupkan malam-malamya. Siapa yang mengerjakan satu kebaikan (sunah) pada bulan ini, seolah-olah ia mengerjakan satu kewajiban dibulan-bulan lain. Siapa yang mengerjakan ibadah wajib seakan-akan mengerjakan tujuh puluh kali kewajiban di bulan-bulan lain " (Sahih Muslim dari Salman)

Wuih…tuh gmn ga istimewa. Gmn ga special. Tamunya aja bawa berkah. Salah kaprah tuh yang ngrasa sedih, ngrasa ga suka kalo bulan ramadhan dateng. Payah. Padahal tamu istimewa td bawa oleh2 yang sangat amat special sekali. Hayo…sapa yg tau?? Nah…tau ga, kalo kita menyambut bulan bulan ramadhan yg merupakan tamu istimewa td oleh2 buat kita adalah surga. Apalagi kalo kita mengerjakan ibadah dibulan ramadhan dgn baik. Wuih….pasti dapet tuh oleh2nya. Amiin...

Eiiiit….tapi tunggu dulu. Banyak yg setelah bulan ramadhan kembali ke alamnya. Wo…kyk setan aja ya. Xexexe… Bukan gt maksudnya. Kembali ke alamnya itu kembali melakukan dosa dan maksiat lg. Pas bulan ramadhan aja rajin ke mesjid, rajin sholat, ga pernah absent ke mesjid, jd hobi baca Al-Quran. Tapi setelah ramadhan kembali lg deh kyk bulan2 yg kemaren2. Jd males2an solat lg. Kalo kita mau amal ibadah kita diterima sm Allah ya harus membuktikan dong kalo baik juga di bulan2 lain. Ga cm dibulan ramadhan aja.

Seharusnya dibulan ramadhan kita bs membakar dosa2 dan maksiat. Dan setelah ramadhan selesai dosa2 dan maksiat itu sudah hilang dr dlm diri kita. Kalo dosa2 dan maksiat muncul lg di bulan2 lain sm aja dong kayak pohon singkong. Bukan dibakar tp ditebang. Pohon singkong kalo ditebang bisa tumbuh lg. Bs bercabang2 malah. Alias Tambah banyak. Ya ga???

Pas puasa kita juga harus jujur dan ga boleh curang lho. Kita ga boleh makan atau minum walau pas ga ada orang. Kita menjalankan puasa harus untuk Allah dan karena Allah. Karena ga ada orang yg lihat, kita trus curang mau makan dan minum. Orang memang ga ada yang lihat. Tp Allah Maha Melihat. Yup…puasa memang melatih kita untuk jujur. Jujur pada diri sendiri dan jujur sm Allah. Setelah ramadhan selesai ya harus jujur pula dibulan2 selanjutnya. Setelah bulan2 puasa kita harus mampu menjadi manusia yg jujur, baik perkataan dan perbuatan. Inilah hikmah dr puasa.

Puasa bukan hanya menahan lapar dan haus. Puasa jug abs membuat kita menjadi solider trhdp orang lain yg menderita dan kesusahan. Yaitu saudara2 kita fakir miskin dan anak2 yatim. Yaitu dengan memberika sebagian harta kita (zakat mal dan zakat fitrah) kepada mereka. Rasa berbagi ini jgn hanya nongol dibulan puasa aja. Tp dibulan2 lain kita harus tetap berbagi dgn saudara2 kita yg membutuhkan.

Yang lebih penting lagi, ramadhan adalah sarana untuk merubah akhlak buruk yag sudah mendarah daging dan berkarat di dalam diri kita. Merobah penyakit ini amat sangat sulit. Apalagi kalo sudah mengakar dan tak terkontrol. Wah…bahaya tuh. Bisa jadi malapetaka dan musibah. Bulan ramadhan adalah waktu dan kesempatan yang pas untuk merubah yang buruk2 itu td. Berangsur-angsur merubah untuk lebih baik. Ya…..paling tidak bisa eling atau inget dgn akhlak buruk yang dilakukan dan sadar untuk berubah jd lebih baik.

Hufh…sampe sini aja lah. Mungkin masih banyak hikmah2 ramadhan yang lain. Yang paling penting adalah kita bisa mengambil hikmah dan manfaat dibulan ramadhan yang akan tiba sebentar lg. hikmah dan manfaat yg dpt kita terapkan dibulan2 selanjutnya agar kita lebih baik lg. Amiin...

Sebelum cahaya surga padam, Sebelum hidup berakhir,
Sebelum pintu tobat tertutup, Sebelum Ramadhan datang,
Mata kadang salah melihat....
Mulut kadang salah berucap....
Hati kadang salah menduga.....
Maafkan segala kekhilafan yang pasti ada....
Marhaban Ya Ramadhan
Met puasa…..


0 comments:

Post a Comment