Manakah Yang Kau Pilih Terlebih Dahulu?? Agama Atau Cinta??

Nah…ini yang paling penting. Milih agama atau cinta. Cinta??? Huh…g salah tuh? Cm dengan cinta apa akan baik? Belum tentu. Agama??? Yup…itulah yg paling penting. Hanya dengan agama kita akan mendapatkan cinta. Hanya dengan agama kita bisa membentuk suatu “bangunan” dengan pondasi yang kuat. Ada temenku yang bilang, bersiap2lah menangis tanpa henti klo kau hanya menikah karena cinta. Milih cinta seseorang karena agamanya itu bagus. Tp kalo milih agama karena cinta seseorang. Wah…g bisa dibenarkan. hehe...


Lain lagi kalo cinta karena agama, cinta karena Allah. Mencintai karena Allah dan berumah tangga karena Allah maka imannya akan sempurna. Ada lho hadistnya. Rasulullah bersabda,


“Barang siapa memberi karena Allah, tidak memberi karena Allah, mencintai karena Allah, dan berumah tangga karena Allah, maka sungguh imannya menjadi sempurna”(HR. Ahmad)


Nah…yuk kita bahas hadist di atas. Hadist di atas menerangka bahwa seorang laki2 dan perempuan yang menikah karena Allah dan sesuai dengan tuntunan RosulNya maka dinamakan mengikat cinta dan pernikahan karena Allah. Huh…kita seharusnya jg seperti itu. Siapa yang ga mau dapet ridho dr Allah coba?? Siapa yang ga mau dapet rahmat dr Allah coba?? Semua pasti mau dong. Ga beres brarti kalo ga mau dapet ridho dan rahmat dr Allah.

Trus..kalo maksud dari imannya menjadi sempurna apa sih??? Apa coba??? Maksudnya adalah kecintaan orang tersebut kepada Allah akan menjadi penuh. Jadi…apa yang dilakukannya itu didorong oleh kecintaanya kepada Allah. Waw…kalo kayak gt ga cuma dapet ridho dan rahmat dr Allah aja. Insya Allah akan mendapatkan surga. Amiin…Jadi ga cuma bahagia di dunia, tapi bahagia juga di akhirat. Ciiii…huii….mau dong…hehehe…

Ga Cuma itu aja temen2. Dalam hadist itu juga dijelaskan kalo laki2 dan perempuan yang menikah sesuai dengan syarat dan ketentuan dari Allah dan RasulNya pasti dijamin akan memperoleh kehidupan yang bahagia. Bukan cuma bahagia aja. Tapi juga akan mendapatkan kehidupan yang penuh ketenangan, ketentraman, dan kebaikan. Waw…itu lah harapan semua pasangan yang ingin menikah. Aq jg pengen kayak gt….hehe…

Nah…enak ya kalo nikah didasari dengan agama yang kuat. Apapun yang didasari niat karena Allah itu Insya Allah akan baik di dunia dan di akhirat. Tp kalo cm didasari dgn cinta aja gmn ya??? Wah…apa akan baik, dan apa akan bahagia di dunia dan di akhirat ya. Meragukan…Pasti suatu saat akan roboh juga tuh “bangunan”. Pondasinya hanya cinta aja, ga didasari agama yang kuat. Ya ambruk dong….

Nah…ini yang paling penting. Apa aja sih ciri2 kluarga yang dibangun atas dasar agama??sapa yang mau tau?? Yup…nih aq kasih tau ya…


  1. Yang pertama dan yang paling utama itu suami/istri memilih pasangan sesuai dengan ketentuan agama. Iya ga? Agama adalah hal utama yang harus dipertimbangkan. Islam mengajarkan laki2/perempuan memilih pasangannya itu harus memperhatikan agama dan akhlaknya. Diantaranya adalah laki2 harus memilih perempuan yang baik agama dan akhlaknya. Hal ini seperti yang Rasullulah sabdakan.


    “Perempuan itu dinikahi karena empat perkara, yaitu karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, atau karena agamanya. Maka, pilihlah yang baik agamanya, maka kamu akan bahagia.”(HR. Bukhari dan Muslim)


    Ga cuma laki2 aja lho. Perempuan juga harus gitu. Perempuan yang akan menikah harus memperhatikan agama calon suaminya. Jangan cuma cinta aja. Hal ini sama juga dengan apa yang disabdakan oleh Rasulullah SAW lho. Rasulullah bersabda


    “Bila seorang laki-laki yang kamu ridhoi agama dan akhlaknya meminang kepada (anak/kerabat perempuan) mu, nikahkanlah dia. Karena kalau engkau tidak mau menikahkannya, niscaya akan terjadi fitnah di muka bumi dan kerusakan yang meluas.”(HR. Tarmidzi)


    Tuh…ngerikan? Menomorduakan agama itu ga baik dan itu suatu hal yang amat sangat buruk. Semua berimbas kemana2. Apakah mau kayak gitu? Ga kan? Jangan sampe deh…. Na’udzubillaahi min dzaalik….


  2. Trus…ciri yang kedua adalah ini nih. Pernikahannya jauh dari hal2 yang merintangi dan dimurkai. Misalnya, seperti dalam postingan ku yang lalu. Yup…PBA. Hal itu jelas dimurkai oleh Allah. Allah jelas2 melarang hal itu. Banyak dalam Al-Quran menjelaskan hal itu. Kalo mau lebih jelas lihat aja di sini atau di sini. Oke bro? Seep lah….


  3. Lanjut…ciri yang ketiga adalah tata cara meminang dan pernikahannya sesuai dengan agama. Ya jelas dong. Kalo tata caranya dah ga sesuai ya pernikahannya jd ga sah. Kalo sudah tidak sah. Ya apapun yang dilakukan dua sejoli itu jd tidak sah pula. Laki2 atau perempuan yang membangun rumah tangga berdasar agama dan syariat Allah dan RasulNya pasti tidak mau melakukan hubungan yang keji dengan orang yang bukan suami atau isterinya. Hal itu termasuk zina lho. Kenapa hal ini bs terjadi? Karena mereka tidak beriman. Lain halnya dengan laki2 dan perempuan yang beriman. Seperti firman Allah dalam surat Al-Mu’minuun ayat 5-6.


    “Sungguh beruntunglah orang-orang yang beriman. Orang-orang yang menjaga kemaluannya keculai terhadap isteri-isteri mereka tau budak yang mereka miliki. Maka dalam hal ini sesunguhnya tiada tercela bagi mereka.”


    Hal ini menjadikan mereka selamat dari perbuatan zina dan dapat berketurunan yang sah. Dapet pahala lagi…sapa yang ga mau. Ya to?


Yup…mungkin itu aja yang aku tau. Kalo ada temen2 yang mau nambahin silahkan aja. Pokokke yang paling penting adalah orang yang mau menikah demi agama dijamin deh…rumah tangganya akan mendapatkan sifat sakinah dan penuh berkah dari Allah SWT. Waw…semua pasti mau kan. Tapi..bila sudah ada pasangan yang terlanjur “nyemplung” dan mengesampingkan agama, segeralah bertobat dan memulai menerapkan syariat yang sudah ditentukan oleh Allah. Dan yang mau menikah, jgn sampai “kecemplung” dgn menomorduakan agama. Pikirkan dgn meteng2 apa yg mau dilakukan. Istikharoh dan mohon petunjuk sama Allah. Jangan maen asal caplok tuh cinta. Agama yang pertama.

Nah…gimana semuanya???? Manakah Yang Kau Pilih Terlebih Dahulu?? Agama Atau Cinta?? Semoga saja semuanya memilih agama terlebih dahulu. Knp? Yup…sudah aku tulis berulang kali. Pilihlah yang beragama maka kau akan bahagia. Ok bro?? Seep lah...


0 comments:

Post a Comment