Hobi Tidur Saat Puasa

Lha ini dia yang mungkin temen2 sering lakukan saat puasa. Jujur aja aq juga tidur siang kok kalo lagi di rumah dan ga ngapa2in. Hehehe... Tapi mungkin kebanyakan orang salah menyimpulkan salah satu hadist dari Rasulullah SAW yang berbunyi:

“Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah”

Memang sah2 saja kita tidur saat puasa. Tp salah jika tidur kita itu hanya untuk menunggu waktu berbuka saja. Atau lebih salah lagi jika tidur itu hanya untuk bermalas-malasan. Maka tak heran lagi kalo sebagian masyarakat kita ini bermental loyo saat berpuasa Ramadhan. Kerjaanya cuma bermalas-malasan aja. Walau puasa tidak harus loyo kan. Puasa harus semangat dong...Ya ga bos??



Namun bagaimana maksud tidur dari hadist diatas? Nah...ini yang perlu dijelaskan. Tapi ya maaf aq cm bisa menjelaskan sebisaku aja ya. Hehehe.. Begini, lebih tepat lagi kalo hadist diatas dipahami dengan memaknai tidur saat puasa yang berpahala ibadah misalnya nich...Tidur itu akibat kita kelelahan setelah beraktifitas seharian. Lelah fisik karena mencari nafkah yang halal. Atau tidur itu diniatkan untuk menghidupkan malam ramadhan dengan beribadah kepada Allah. Atau bisa juga ini nich...tidur itu dimaksudkan untuk menghindari hal2 yang melanggar rambu2 ibadah ramadhan. Misalnya menggunjing, atau menonton acara2 televisi yang tidak bermanfaat.

Pemahaman hadist yang hampir sama dengan kasus diatas adalah bahwa bau mulut orang berpuasa itu lebih harum minyak wangi disisi Allah. Jika kita hanya memahanmi selintas maka kita akan meninggalkan aktifitas gosok gigi dan mengabaikan kebersihan mulut. Padahal tak bisa dupungkiri bau mulut orang yang berpuasa itu tidak sedap karena faktor2 alami dari dalam tubuh. Ya ga temen2?? Maksud harum dari hadist Rasulullah tersebut adalah secara maknawi. Bukan secara lahiriyah. Bahkan secara fiqh pun, bersiwak atau gosok gigi saat puasa diperbolehkan.

Kembali kemasalah tidur lagi. Hehehe...Yang jelas saat puasa, jangan diisi dengan bermalas-malasan. Tidur misalnya. Tidur boleh2 aja, tapi tidur jgn digunakan sebagai waktu buat nunggu berbuka. Isilah dengan kegiatan yang positif. Jadi...tetep smangat walau puasa ya...


0 comments:

Post a Comment