Mac OS

Mac OS X Snow Leopard
Macintosh Operating Syatem (Mac OS) merupakan sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple yang sebelumnya adalah sebuah perusahaan Silicon Valley di California yang bergerak dibidang teknologi komputer. Mac OS merupakan sistem operasi yang pertama menggunakan GUI (Graphical User Interface) yang ramah dan mudah digunakan oleh para user.

a.         Sejarah Mac OS
Apple pertama didirikan pada tanggal 1 April 1976 oleh Steve Jobs, Steve Wozniak, dan salah seorang Insinyur Atari yang bernama Ronald Wayne. Sebelum membantu mendirikan Apple, Steve Wozniak adalah seorang hacker elektronik. Pada tahun 1975, dia bekerja di Hewlett-Packard dan embantu temannya Steve Jobs mendisain video game untuk Atari. Pada saat itu, Wozniak telah membeli computer time pada bermacam jenis minicomputer yang di-host oleh Call Computer. Produk pertama Apple diberi nama Apple I yang diciptakan oleh Steve Wozniak.


b.        Perkembangan Mac OS
1)      Apple I
Apple I didasarkan pada 8-bit mikro prosesor, MOS 6502 yang hanya efektif jika dijalankan dibawah 1 MHZ. Pada saat itu Wozniak tidak mampu membeli CPU karena harganya yang sangat mahal. Oleh karena itu, dia hanya mendesign komputer diatas kertas.
Ketika MOS Technology memproduksi chip 6520 tahun 1976, Wozniak membuat versi BASIC untuk chip tersebut. Setelah itu, komputer telah dibangun dalam terminal video, socket untuk 8Kbytes onboard RAM, sebuah penghubung Keyboard, dan sebuah kaset board yang akan bekerja bersama perekam kaset reguler. Komputer telah memiliki motherboard yang sederhana, dimana pengguna telah menyediakan sebuah kasus, yaitu sumber listrik, ASCII keyboard, dan displau device.
2)      Apple II
Dengan pendapatan dari penjualan Apple I, Apple II diperkenalkan kepada publik pada April 1977. Perbedaan utama dengan Apple I adalah Apple II ini tidak hanya menampilkan teks tapi sudah bisa menampilkan gambar dan warna. Dengan dana dan design casing yang baru, Apple II dilepas pada tahun 1977. Jutaan unit terjual sampai tahun 1980an.
3)      Apple DOS
Tidak lama setelah peluncuran Apple II, pada bulan Juli 1978 diluncurkan Apple berbasis DOS pertama. Hal ini didasari pada disk drive yang sangat mendesak untuk komputer. Wozniak menciptakan sebuah floppy disk yang dibutuhkan DOS.
4)      Apple Pascal
P-System dari Universitas California San Diego (UCSD) adalah yang sangat populer pada tahun 1970an dan awal 1980an. Dua mahasiswa, Mark Allen dan Ricard Gleaves mengembangkan suatu microprosesor 6502 pada musim panas 1978. Pascal dilepas ke pasaran pada tahun 1979.
5)      Apple CP/M
Tahun 1980 Microsoft memperkenalkan suatu co-prosesor circuit board dengan nama Softcard. Softcard ini memungkin kan Apple II untuk menjalankan program Z-80 berbasis pada sistem operasi CP/M yang mempunyai software program perpustakaan, seperti dBase dan Wordstar.
6)      Apple III
Apple III diperkenalkan pada tahun 1980 untuk para pebisnis. Sistem operasi ini diberi nama SOS (“sophisticated”operating system). Setiap program SOS juga membaca sistem operasi ke dalam memori. Setiap disk aplikasi SOS terdiri dari satu kernel, satu intrepter.
7)      Apple ProDOS
ProDOS 1.0 dirilis pada Oktober 1983, sebagai pengganti Apple DOS. Apple ProDOS ini merupakan peningkatan dari Apple SOS.
8)      Apple Macintosh
Apple Macintosh diluncurkan pada tahun 1984.Setelah kegagalan macintosh di tahun1989, apple mencoba memeperkenalkan sebuah komputer portable, PowerBook diawal 1990an. Generasi pertama produk ini dirancang bersama Sony yang memberikan desain komputer portable yang masih dipakai sampai saat ini.
Tahun 1994 Apple memperbaharui produk Macintosh dengan mengenalkan seri Power Macintosh, yang menggunakan prosesor Power PC hasil kerjasama IBM, Motorola dan Apple.
Tahun 2001, Apple memperkenalkan Mac OS X yang didasarkan dari MeXTstep yang menggabungkan stabilitas, kehandalan dan keamanan yang dimiliki UNIX. Tahapan-tahapan OS X adalah sebagai berikut :
-          Mac OS X Server 1.0 kode: "Rhapsody", dirilis: Maret 1999.
-          Mac OS X Public Beta kode: "Kodiak", dirilis: September 2000.
-          Mac OS X 10.0 kode: "Cheetah", dirilis: Maret 2001.
-          Mac OS X 10.1 kode: "Puma", dirilis: Oktober 2001.
-          Mac OS X Server 10.1 kode: "Puma", dirilis: November 2001.
-          Mac OS X 10.2  kode: "Jaguar", dirilis: Agustus 2002.
-          Mac OS X Server 10.2, dirilis Agustus 2002.
-          Mac OS X 10.3 kode: "Panther", dirilis Oktober 2003.
-          Mac OS X Server 10.3, dirilis Oktober 2003.
-          Mac OS X 10.4 kode: "Tiger", dirilis: April 2005.
-          Mac OS X Server 10.4 dirilis: April 2005.
-          Mac OS X 10.5  kode: "Leopard", dirilis: Oktober 2007
-          Max OS X 10.6 kode: "Snow Leopard"; pada Juni 2009)

c.         Perintah Dasar Mac OS
Perintah-perintah dasar Mac OS antara lain :
1)      cpy : copy file
2)      mkdir : membuat direktori
3)      rm : menghapus file
4)      rmdir : emnghapus direktori
5)      lpr : perintah standar print
6)      print : perintah custom untuk print

d.        Keunggulan dan Kelemahan Macintosh
1)      Keunggulan Macintosh antara lain :
-          Tidak mudah terkena virus
-          High Performance
-          User Friendly
2)      Kelemahan Macintosh antara lain :
-         Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple tidak memberikan lisence pada perusahaan lain untuk membuat hardware untuk platform Mac OS.
-          Software di Mac OS tidak begitu lengkap dibandingkan dengan Windows.
-          Biayanya mahal.
-          Tidak multitasking.

3 comments:

Anonymous said...

commandnya mac os di laptop selain laptop apple ?

Droid University said...

Thanks for review, it was excellent and very informative.
thank you :)

RaiaCars said...

Wow thanks for your share n review.. :D

Post a Comment