Windows

Sejarah Windows
Pada tahun 1983, Microsoft mengumumkan pembangunan Windows. Microsoft Windows adalah sistem operasi komputer berbasiskan GUI (Graphic User Interface) yang paling banyak digunakan dalam komputer pribadi di seluruh dunia untuk menggantikan MS-DOS yang digunakan pada IBM PC sejak tahun 1981. Pemiliknya, Bill Gates.
Microsoft membuat sebuah model GUI, yang pertama kali dikenal sebagai Interface Manager, setelah munculnya sistem operasi Apple dengan nama Mac OS. Bill Gates sebagai pendiri Microsoft melihat prototipe Macintosh buatan Steve Jobs pertama kali pada tahun 1981, dan Microsoft bersama Apple membuat beberapa perangkat lunak yang bekerja di bawah Mac seperti Word dan Excel.

 Perkembangan Windows
1)      Windows 1.0
Versi pertama dari Microsoft Windows adalah versi 1.0, yang dikeluarkan tahun 1985, tetapi kurang populer. Windows 1.0 tidak menyediakan sistem operasi yang lengkap tetapi lebih mirip dengan versi MS-DOS yang diperluas dan masih mempunyai banyak kekurangan.
2)      Windows 2.0
Microsoft Windows versi 2 diciptakan tahun 1987, dan lebih populer dibanding versi sebelumnya, tetapi terus mendapat saingan dari Apple. Sistem operasi ini mendukung aplikasi buatan Microsoft, misalnya Excel dan Word for Windows. Selain itu, operasi windows menjadi sebuah platform untuk menjalankan aplikasi Microsoft Office dan menjadi sebuah sistem operasi GUI yang bersifat umum.
3)      Windows 3.0
Microsoft Windows menunjukkan kesuksesannya sejak dibuatnya Windows 3.0 sekitar pada tahun 1990. Dengan menambahkan berbagai kemampuan untuk menjalankan aplikasi. Sistem ini juga mendukung sistem multitask dan penambahan lainnya seperti virtual memory. Pada seri ini terdapat peningkatan pemrosesan grafik dengan adanya kartu grafis Video Graphics Array (VGA). Windows 3.0 juga tersedia dalam versi multimedia. Versi ini dibundel dengan "multimedia upgrade kit" yang terdiri atas CD-ROM dan sound card.
4)      Windows 3.1
Microsoft membuat versi Windows 3.1 sebagai revisi dan perbaikan dari versi 3.0 dengan berbagai penambahan dan mendukung multimedia. Selain itu di dalamnya banyak sekali perbaikan terhadap bug. Micrusoft akhirnya meluncurkan Windows 3.11, yang merupakan versi Windows 3.1 yang mencakup semua tambahan dan perbaikan yang dirilis setelah Windows 3.1 pada tahun 1992.
5)      Windows NT
Selanjutnya Microsoft menlanjutkan pembuatan Windows NT oleh Dave Cutler, dan menjadi sebuah sistem operasi yang dapat dihandalkan. Sistem operasi ini diperkenalkan pertama kali pada bulan Juli 1992. Beberapa fitur dari Windows NT juga dapat digunakan pada jaringan LAN dan populer sampai saat ini.
6)      Windows 95
Pada tanggal 24 Agustus 1995, Microsoft akhirnya meluncurkan produk terbaru yang sudah lama ditunggu. Walau masih ada beberapa masalah (bug) hingga diluncurkan edisi perbaikannya (Windows 95A atau 95B), namun Windows 95 tetap dianggap sebagai sistem operasi yang sangat mudah dioperasikan, termasuk protokol TCP/IP yang terintegrasi, mendukung pemakaian nama panjang 32 karakter (sebelumnya DOS hanya 8 karakter). Windows 95 juga tidak memerlukan lagi DOS dalam peng-installannya.
Mulai Windows versi ini program mengalami perubahan yang total. Selain telah disebutkan di atas, perubahan lainnya yaitu menu sekarang tidak lagi ditampilkan pull down menu tetapi pull-up menu. Menu muncul setelah Anda mengklik icon Start yang terdapat di pojok kiri bawah layar monitor. Beberapa produsen keyboard bahkan kini sudah menambahkan tombol berlogo Windows yang mempunyai fungsi sama dengan icon Start, terletak disebelah kanan dan sebelah kiri tombol spacebar.
7)      Windows NT 4.0
Microsoft merilis Windows NT 4.0 sebagai penerus Windows NT 3.x. Windows NT 4.0 memiliki antar muka yang sama dengan Windows 95 tetapi menggunakan kernel yang sama dengan Windows NT sehingga lebih stabil.
Windows NT 4.0 ada dalam 4 versi :
-          Windows NT 4.0 Workstation
-          Windows NT 4.0 Server
-          Windows NT 4.0 Server, Enterprise Edition
-          Windows NT 4.0 Terminal Server
8)      Windows 98
Windows 98 dirilis pada 25 Juni 1998. Windows 98 jauh lebih stabil dibanding Windows 95. Pada seri ini sudah mendukung sistem berkas FAT32 yang mengizinkan partisi memiliki kapasitas lebih dari 2 GB. Dukungan USB juga terdapat pada seri ini.
Sistem operasi ini juga terintegrasi dengan Internet Explorer, browser yang lebih baik. Tahun 1999, Microsoft mengeluarkan Windows 98 Second Edition dengan menambahkan fitur Internet Connection Sharing yang mengizinkan beberapa komputer dalam sebuah jaringan lokal agar dapat menggunakan satu jalur koneksi internet bersama-sama.
9)      Windows 2000
Microsoft merilis Windows 2000 pada tahun 17 Februari 2000 yang sebelumnya dikenal dengan nama Windows NT 5.0. Versi Windows ini ditujukan pada pangsa workstation dan juga pangsa pasar Server.
Di antara fitur-fitur Windows 200 yang paling signifikan adalah Active Directory, sebuah jaringan pengganti jaringan NT domain. Fitur-fitur baru yang diadopsi dari Windows 98 juga ditanamkan di versi ini, seperti Device Manager yang telah ditingkatkan, Windows Media Player, dan DirectX 6.1.
Walaupun Windows 2000 dapat memperbaharui versi Windows 1998, Windows 2000 tidaklah dianggap produk cocok untuk pengguna rumahan karena kurangnya device manager untuk banyak perangkat.
Windows 2000 terdiri dari 6 versi yaitu :
-          Windows 2000 Professional
-          Windows 2000 Server
-          Windows 2000 Advanced Server
-          Windows 2000 Datacenter Server
-          Windows 2000 Advanced Server Limited Edition
-          Windows 2000 Datacenter Server Limited Edition
10)   Windows ME (Millenium Edition)
Pada bulan September 200, Microsoft memperkenalkan Windows ME. Versi ini memperbaharui Window 98 dengan dukungan multimedia dan internet yang lebih bai. Versi ini juga memasukkan System Restore yang mengizinkan pengguna untuk mengembalikan keadaan sistem ke sebuah titik yang diperkirakan baik-baik saja. Versi ini juga memperkenalkan Windows Movie Maker versi pertama.
11)   Windows XP
Windows XP diperkenalkan pada tahun 2001. Versi XP ini merupakan penyatuan dari kedua jajaran produk yaitu berbasis Windows 9x dan NT. Windows XP menggunakan kernel NT 5.1 yang dikenal dengan kestabilannya untuk memasuki pasar rumahan dan menggantikan produk Windows 9x yang sudah menua yang berbasis 16/32 bit.
Versi ini adalh versi Windows yang paling lama (paling tidak sampai saat ini). Windows XP tersedia dalam beberapa versi yaitu:
-          Windows XP Home Edition, yang ditujukan untuk pasar desktop dan laptop rumahan.
-    Windows XP Home Edition N, sama seperti Home Edition yang biasa, tapi tidak memiliki Windows Media Player, karena memang peraturan Uni Eropa tidak memperbolehkannya.
-          Windows XP Professional, yang ditujukan bagi para power user dan pebisnis.
-     Windows XP Professional N, sama seperti Professional Edition, tapi tidak memiliki Windows Media Playerkarena peraturan Uni Eropa tidak mengizinkannya.
-   Windows XP Media Center Edition (MCE), dirilis pada bulan November 2002, merupakan Windows XP Home Edition yang ditujukan untuk dektop dan laptop dengan penekanan pada hiburan rumahan.
-          Windows XP Media Center Edition 2003
-          Windows XP Media Center Edition 2004
-          Windows XP Media Center Edition 2005, yang dirilis pada 12 Oktober 2004 
-      Windows XP Tablet PC Edition, yang ditujukan untuk PC Tablet (PC dengan layar sentuh)
-          Windows XP Tablet PC Edition 2005
-          Windows XP Embedded, yang ditujukan untuk sistem benam (embedded system)
-    Windows XP Starter Edition, yang ditujukan untuk para pengguna komputer di beberapa negara berkembang
-       Windows XP Professional x64 Edition, yang dirilis pada 25 April 2005 untuk sistem-sistem rumahan dan workstation yang menggunakan prosesor 64-bit yang berbasiskan set instruksi x86-64 (AMD64 atau Intel EM64T).
-    Windows XP 64-bit Edition, merupakan sebuah versi Windows XP yang ditujukan untuk jajaran prosesor Intel Itaniumyang mempertahankan kompatibilitas dengan aplikasi 32-bit dengan menggunakan emulator perangkat lunak.
-     Windows XP 64-bit Edition 2003, dibuat berbasiskan basis kode Windows NT 5.2 (sama seperti Windows Server 2003
12)   Windows Server 2003
Pada tanggal 24 April 2003, Microsoft meluncurkan Windows Server 2003, sebuah pembaruan untuk sistem operasi Windows 2000 Server, yang menawarkan banyak fitur-fitur keamanan yang baru. Windows Server 2003 menggunakan kernel Windows NT versi 5.2.
Di dalam Windows Server 2003, beberapa layanan yang tidak terlalu dibutuhkan di dalam lingkungan server dinonaktifkan secara default, terutama "Windows Audio" dan "Themes" demi alasan kestabilan.  Selain itu, akselerasi perangkat keras untuk kartu grafis juga dimatikan; lagi-lagi pengguna harus mengaktifkannya secara manual.
Pada bulan Desember 2005, Microsoft merilis Windows Server 2003 R2, yang merupakan Windows Server 2003 Service Pack 1 ditambah dengan beberapa paket tambahan. Di antara semua fitur-fitur barunya adalah fitur-fitur manajemen untuk kantor-kantor cabang, dan integrasi identitas yang luas. Windows Server 2003 tersedia dalam lima buah edisi:
-          Windows Server 2003, Web Edition
-          Windows Server 2003, Standard Edition
-          Windows Server 2003, Enterprise Edition (32-bit dan 64-bit)
-          Windows Server 2003, Datacenter Edition
-          Windows Server 2003, Small Business Server
13)   Windows Fundamental for Legacy (WinFLP)
Pada bulan Juli 2006, Microsoft merilis sebuah versi Windows XP Service Pack 2, yang ditujukan untuk pasar thin-client. WinFLP hanya tersedia bagi para pelanggan Microsoft Software Assurance. Tujuan dibuatnya WinFLP adalah untuk memberikan pilihan upgrade kepada para pelanggannya yang masih menggunakan Windows 95, Windows 98, Windows Me, dan Windows NT Workstation. Sebagian besar aplikasi pengguna dijalankan di atas mesin jarak jauh dengan menggunakan Terminal Services atau Citrix.
14)   Windows Vista
Windows Vista dirilis pada tanggal 30 November 2006, bagi kalangan bisnis sementara untuk kalangan pengguna rumahan dirilis pada tanggal 30 Januari 2007. Windows Vista memang dicanangkan agar memiliki keamanan yang lebih tangguh dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya, dengan memperkenalkan sebuah modus pengguna yang terbatas, yang disebut sebagai User Account Control (UAC), untuk menggantikan filosofi "administrator-by-default" yang diberlakukan pada Windows XP. Windows Vista juga memperkenalkan fitur grafik yang jauh lebih "memikat", yang disebut dengan Windows Aero GUI, aplikasi yang baru. Selain itu, Windows Vista juga menawarkan versi Microsoft Internet Explorer yang lebih aman, serta Windows Media Player versi baru (versi 11).
Windows Vista dijual dalam beberapa edisi:
-          Windows Vista Starter
-          Windows Vista Home Basic
-          Windows Vista Home Premium
-          Windows Vista Business
-          Windows Vista Enterprise
-          Windows Vista Ultimate
15)   Windows 7
Windows 7, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Blackcomb dan Vienna. Saat pertama kali dirilis, Windows ini memiliki kernel NT versi 6.1 build 7600, yaitu perbaikan dari Windows Vista dimana saat rilis pertama memiliki kernel NT 6.0 build 6000. Windows 7 yang dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009 ini memiliki keamanan dan fitur yang baru, diantaranya adalah: Jump List, Taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil, Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dan lain-lain. Beberapa fitur yang unik adalah Sidebar yang berganti nama menjadi Gadget dan bebas ditaruh kemana-mana pada desktop. Spesifikasi Windows 7 lebih ringan dan harganya juga lebih murah dari pada Windows Vista.
Sama seperti Windows Vista, Windows 7 juga terdiri 6 edisi yaitu:
-          Windows 7 Starter
-          Windows 7 Home Basic
-          Windows 7 Home Premium
-          Windows 7 Professional
-          Windows 7 Ultimate
-          Windows 7 Enterprise

Perintah Dasar Windows
Perintah-perintah dasar pada sistem operasi Windows antara lain:
1)        mkdir : membuat direktori
2)        chdir : mengubah direktori
3)        rmdir : menghapus direktori
4)        cmd : command prompt
5)        devmgmt.msc : device manager
6)        dxdiag : DirectX Toubleshooter
7)        directx.cpl : DirectX Control Panel (jika terinstal DirectX)

Keunggulan Dan Kelemahan Windows
1)      Keunggulan Windows antara lain:
-          User Friendly.
-          Dukungan driver hardware yang lebih lengkap.
-          Aplikasi yang untuk platform Windows sangat melimpah.
-           Banyak aplikasi-aplikasi gratis (freeware) untuk platform Windows.
2)      Kelemahan Windows antara lain :
-          Harga yang mahal.
-          Mudah terinfeksi virus.
-          Rentan hacking.

0 comments:

Post a Comment